Selamat Datang Dan Selamat Bergabung Di Forum Diskusi, Yuk Ramaikan Forum Ini Dengan Thread Yang Bermanfaat Dengan Lainnya Dan Dapatkan Saldo Secara Gratis Yang Bisa Anda Tukarkan Dengan Pulsa. Silahkan Cek Aturannya Pengisiannya Dan Nilai Saldo Dari Forum Ini.

  1. This site uses cookies. By continuing to use this site, you are agreeing to our use of cookies. Learn More.

Tren Desain Grafis Ditahun 2019

Diskusi Di 'Desain Grafis' Oleh wibowo, 1/8/19.

Join
  1. wibowo

    wibowo Member Staff Member

    Saldo:
    Rp214,908.79
    1. Kejutan Warna-warna Ceria

    Jika Anda termasuk yang concern terhadap dunia desain, pasti akan bisa merasakan kalau warna yang dipakai dalam tren desain terasa sedikit lebih berwarna belakangan ini. Percikan kuning elektrik, warna karang yang cerah, dan warna biru terang menggantikan warna-warna pastel yang banyak dipesan di tahun-tahun sebelumnya. Lebih banyak merek dan desainer menambahkan warna-warna cerah ke palet mereka untuk tahun 2019 dan seterusnya.

    Perubahan warna ke pilihan palet yang lebih cerah ini dikatakan merupakan kelanjutan dari penolakan minimalis yang hambar pada awal 2010. Selain itu, agar sebuah brand bisa dilirik oleh customer, maka mau tak mau brand harus terus membuat customer memberikan perhatian penuh pada mereka. Itu sebabnya mereka harus mengambil risiko desain yang lebih besar.

    Tahun lalu desain grafis didominasi oleh warna-warna berani, tahun ini warna-warna yang lebih kuat, sangat jelas dan cerah akan menjadi pilihan tertinggi.

    Beberapa brand yang sudah mulai memperlihatkan kejutan warna-warni ceria ini antara lain Apple, Samsung, dan Spotify. Warna-warna yang mereka mainkan seakan memaksa pengguna mereka untuk tidak berkedip saat menatapnya. Pastinya hidup pun akan lebih semangat ketika bersanding dengan warna-warna ceria tersebut.


    2. Titik Fokus Tipografi yang Kuat

    Selain kejutan warna yang ceria, tren desain grafis terpopuler pada 2019 ini akan bertumpu pada tipografi yang kuat. Tahun ini pemakaian huruf tebal akan menjadi titik fokus utama dalam banyak grafik. Apalagi jika grafis Anda hanya memiliki beberapa detik untuk menarik perhatian pembaca. Seperti dengan poster, bagan atau selebaran media sosial.

    Setiap poster dengan font yang besar, kuat dan tebal akan lebih menonjol dibandingkan poster lainnya. Selain itu font dengan jenis tersebut akan membantu memproyeksikan pesan produk yang berani dan percaya diri. Semua pesan ini bisa dicapai dengan pemakaian satu huruf tebal, dan tanpa gambar pendukung.


    3. Sentuhan Futuristik

    Karena kita secara teknis hidup di masa depan yang diprediksi oleh begitu banyak film 80-an, sekarang saatnya desain yang kita ciptakan harus mampu merefleksikannya. Ini berarti akan banyak pola, warna, dan ide futuristik yang mendominasi dunia desain selama beberapa tahun ke depan.Sentuhan futuristik ini akan membantu merek dalam membuat konten unik yang akan terlihat menonjol di tengah-tengah kebisingan media sosial.

    Perpaduan antara warna-warna cerah dengan ledakan sentuhan futuristik akan menjadi sebuah kolaborasi desain yang ajaib. Kolaborasi tersebut telah digunakan baru-baru ini untukmencuri perhatian khalayak sehingga merek-merek tertentu akan lebih dilirik dibandingkan merek lain. Ketika desain futuristik dan warna-warna cerah digunakan bersama-sama, mereka dapat membuat sesuatu yang sangat keren. Dengan desain yang futuristik, Anda dapat mengambil banyak risiko dan membiarkan kreativitas Anda menjadi liar.


    4. Skema Warna Terang dan Gelap

    Anda mungkin memperhatikan bahwa beberapa perusahaan terbesar menambahkan mode terang dan gelap pada aplikasi mereka. Ya, akhir-akhir ini merek-merek terbesar di dunia teknologi sedang merangkul tren desain dua warna ini. Jadi sangat mudah untuk melihat dunia desain grafis dengan sepenuh hati mengadopsinya tahun ini.

    Skema warna ganda akan membuat poster lebih fleksibel. Jika Anda perlu menggantungnya di dinding yang gelap, poster berwarna putih sangat cocok. Tapi itu juga tidak akan menonjol jika Anda perlu menempatkan poster di dinding kantor kosong, yang merupakan tempat skema warna hitam menghemat hari. Dengan teknik semacam ini, Anda tidak memasukkan semua telur ke dalam satu keranjang. Anda akan menghemat banyak waktu dan akan sedikit tenaga yang terbuang.


    5. Gradien dan Duotons Kompleks

    Gradien adalah salah satu hal favorit para desainer grafis untuk ditambahkan ke proyek desain apa pun demi memberikan sentuhan lebih dalam. Plus, seperti beberapa tren desain grafis lainnya, tren ini terlihat luar biasa pada perangkat seluler. Dengan warna-warna cerah dan pola futuristik, mereka merasa betah dengan beberapa tren desain grafis terpopuker lainnya di tahun 2019. Namun, tahun ini akan menjadi tahun tumbuh bagi pola gradien dan bisa digunakan lebih dari sekedar latar belakang yang sederhana. Sama seperti tren baru, orang akan menemukan cara unik untuk menggunakannya seiring berjalannya waktu.

    Duotones adalah taktik desain lain yang sangat cocok dengan tren desain lainnya. Sebagian besar grafis yang menggunakan duoton terasa sangat futuristik dan penuh warna. Sebagian besar desainer grafis menyukai duoton karena Anda dapat membuat hampir semua gambar cocok dengan merek perusahaan Anda. Dan seperti yang mungkin Anda ketahui, menjaga hal-hal yang konsisten sangat penting dalam dunia desain. Duotones mungkin tidak sepopuler sekarang beberapa tahun yang lalu. Padahal bisa digunakan untuk membuat beberapa grafik yang menarik. Selain itu, seperti gradien, duotonesbenar-benar muncul ketika digunakan pada latar belakang putih, media sosial atau ponsel.


    6. Minimalis Era Baru

    Kesalahpahaman yang cukup umum bahwa desain minimalis hanya menggunakan teks hitam dan latar belakang putih. Atau kombinasi keduanya. Padahal minimalis sebenarnya tentang mengurangi desain, artinya desain hanya untuk komponen yang diperlukan. Minimalis merupakan penolakan terhadap ide-ide yang rumit dan berantakan. Lalu konsep ini diterjemahkan dengan cara hanya menggunakan palet warna yang netral. Terutama setelah banyak perusahaan raksasa di bidang teknologi menggunakannya selama sekitar satu dekade dalam pemasaran mereka.

    Banyak tren desain grafis yang bisa kita saksikan selama beberapa tahun terakhir telah menjadi reaksi terhadap minimalis semacam itu. Dari ledakan grafis yang digambar tangan, skema warna yang berani, dan pola abstrak. Masing-masing tren itu berlawanan dengan apa yang menjadi inti minimalisme. Meskipun demikian, tahun ini, beberapa tren desain grafis yang lebih kompleks akan bercampur dengan minimalis tradisional untuk menciptakan tipe minimalis baru. Salah satunya akan banyak didominasi oleh warna dan kreativitas, bukan blandness dan konformitas.

    Anda juga dapat mengambil beberapa ide yang telah kami uraikan dalam artikel tren desain grafis terpopuler di 2019 ini dan mengintegrasikannya ke dalam proyek minimalis Anda. Hal-hal seperti huruf tebal, elemen futuristik atau gradien sederhana dapat benar-benar meningkatkan desain sederhana Anda. Pastikan bahwa mereka tidak mendominasi grafik, dan sebagai gantinya digunakan dalam peran pendukung untuk elemen lain. Desainer grafis menggunakan tepat apa yang mereka butuhkan untuk menyampaikan maksud mereka, tidak lebih dan tidak kurang. Itulah intisari arti minimalis.


    7. Ilustrasi Digambar Tangan Dinamis dan Rumit

    Ilustrasi khusus yang digambar tangan adalah cara terbaik untuk membuat konten visual Anda menonjol. Sehingga konten Anda akan lebih terlihat dibanding merek lain. Hal itu dikarenakan tidak ada merek lain yang dapat persis mereplikasi visual ini. Pesaing dapat menyalin skema warna Anda, strategi media sosial Anda dan stok foto yang Anda gunakan, namun mereplikasi sebuah konten yang digambar tangan jelas hal yang sulit. Selain itu cara ini baik untuk pencarian merek yang kuat. Konten unik seperti ini sangat berharga.

    Itu sebabnya kami percaya bahwa gambar dan ilustrasi yang digambar tangan akan terus menjadi tren desain grafis tahun ini. Namun, seperti beberapa tren desain grafis lainnya yang kami lihat tahun ini, beberapa hal akan menjadi sedikit lebih rumit. Selain itu, brand biasanya menggunakan ilustrasi khusus ini untuk membantu menginspirasi pelanggan mereka agar menjadi diri mereka sendiri dan merangkul kesederhanaan, serta menolak citra perusahaan yang terlalu halus yang mereka lihat online setiap hari.
     

Bantu Share Ya Sobat !

Join